Hubungan erat antar komunitas ini
terus berjalan beriringan. Semua sektor saling terkait. Dari musik
hingga fashion. Dari sini, musik pun dapat menjadi salah satu faktor
pendukung industri kreatif. Contoh paling nyata adalah merchandise band. Rekti berpendapat, “Penjualan merchandise
seperti kaos adalah contoh komoditi ekonomi sebuah band yang paling
gamblang. Jika sebuah band memiliki penggemar yang banyak dan memiliki
produk merchandise yang menarik tentunya penjualannya akan berbanding
lurus. Menurut saya sih hubungan antara band dan sebuah clothing adalah mutual. Sebuah band yang bagus akan menarik perhatian pembeli produk clothing. Sebaliknya sebuah clothing yang kredibilitasnya bagus akan membantu mengangkat nama band.”
Satu hal yang pasti, target pasar dari penjualan merchandise sebuah
band adalah penggemar dari si band itu sendiri. Semakin besar
komunitas penggemar pada sebuah band, maka akan besar juga kemungkinan merchandise tersebut
akan dikonsumsi. Untuk The S.I.G.I.T mereka telah memiliki basis
penggemar yang cukup besar. Penggemar The S.I.G.I.T menamakan diri
mereka sebagai The Insurgent Army.
by arbi pramuji
by arbi pramuji
Tidak ada komentar:
Posting Komentar